Hakekat Komunikasi

Komunikasi merupakan proses yang terjadi di tengah-tengah interaksi manusia tanpa disadari maknanya. Secara etimologis, komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu cum sebuah preposisi yang berarti dengan atau bersama dan kata units yang berarti satu. Kedua kata itu membentuk kata baru, kata benda, communio yang berarti kebersamaan atau hubungan. Untuk dapat ber-communio diperlukan adanya usaha dan kerja, oleh karena itu kemudian terbentuk kata communicate yang berarti membangi sesuatu dengan orang lainnya, tukar menukar, transaksi, bercakap-cakap, berteman, dan beberapa definisi lain. Maka, komunikasi diartikan sebagai pemberitahuan, percakapan, pembicaraan, pertukaran pikiran atau hubungan (Hardjana 2003).

Dapat diketahui konsep pemahaman komunikasi dari beberapa sarjana memiliki pemahamannya masing-masing dengan melengkapi definisi dari para sarjana lainnya. Seperti Theodornson & Theodornson (1969) menyatakan bahwa komunikasi merupakan penyebaran informasi, ide-ide, sikap-sikap, atau emosi dari seorang atau kelompok kepada  yang lain terutama melalui simbol-simbol. Gerbner (1967) pula menyatakan bahwa komunikasi merupakan interaksi sosial melalui pesan-pesan. 

Namun benang merah dari semuanya adalah bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator, seorang penyampai pesan, kepada komunikan, penerima pesan. Komunikasi melibatkan sinyal/penanda verbal dan non-verbal.


Belum ada Komentar untuk "Hakekat Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel