Tujuan komunikasi

Lingkup komunikasi menyangkut persoalan-persoalan yang ada kaitannya dengan substansi interaksi sosial individu dalam masyarakat; langsung dan tidak langsung. Dalam setiap komunikasi yang berlangsung memiliki beberapa tujuan komunikasi sebagai berikut:



Tujuan Komunikasi


1. To educate: bahwa komunikasi digunakan sebagai alat untuk penyampaian informasi-informasi dengan tujuan mendidik komunikan yang terlibat dalam interaksi komunikasi; contohnya dalam interaksi di kelas dalam tujuan belajar dan mengajar.

2. To persuade: bahwa komunikasi digunakan untuk memengaruhi komunikan yang terlibat berdasarkan pada opini, informasi, ide maupun gagasan yang disampaikan oleh komunikator; contohnya dalam interaksi yang bertujuan untuk menjual barang dalam bidang marketing.

3. To entertain: bahwa komunikasi yang dilakukan dimaksudkan untuk memberikan hiburan kepada komunikannya melalui penuturan maupun gerakan tubuh; contohnya dalam bidang hiburan dari sebuah organisasi massa untuk menarik perhatian khalayak.

4. To inform: bahwa komunikasi memiliki tujuan dasar untuk memberikan informasi atas pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. 

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa tujuan utama komunikasi adalah untuk menciptakan pemahaman bersama baik itu mengenai suatu hal. Ketika seorang dosen menjelaskan, akan tercipta pemahaman yang sama terhadap suatu  hal yang diterima oleh para mahasiswa peserta kelas. Ketika seorang penjual memperkenalkan produk, calon pembeli memahami apa pentingnya dan apa keperluan dari membeli dan memiliki produk tersebut. 

Dalam bidang hiburan, tercipta pemahaman konsep lelucon, santai, senang dan rasa terhibur dari materi yang ditayangkan atau disampaikan oleh komunikator. Terakhir sekali adalah bahwa tujuan dasar komunikasi adalah penyampaian pesan, maka tujuan untuk memberikan informasi ini adalah paling mendasar dan krusial bahwa dalam interaksi komunikasi akan terjadi aliran informasi yang dipahami oleh komunikator dan kemudian dipahami pula oleh komunikannya.

Belum ada Komentar untuk "Tujuan komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel