Daya Tarik Iklan

Daya Tarik Iklan Banyak daya tarik iklan yang berbeda dapat digunakan sebagai dasar untuk pesan iklan, pada umumnya dibagi menjadi dua kategori: daya tarik rasional dan emosional sebagai bagian dari strategi kreatif. Pengiklan juga mempertimbangkan rasional dan emosional dapat dikombinasikan dalam mengembangkan pesan iklan (Belch & Belch, 2003)

Daya Tarik Iklan


a. Daya Tarik Rasional Daya tarikrasional bersifat informatif, fokus pada kebutuhan praktis, fungsional atau utilitarian target audiens, menekankan fitur, manfaat, dan alasan untuk memiliki atau menggunakan merek produk atau jasatertentu. Daya tarik rasional cenderung informatif, dan pengiklan menggunakannya dengan tujuan untuk meyakinkan target audiens bahwa produk atau jasa yang diiklankan memiliki atribut tertentu atau memberikan manfaat khusus yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Beberapa daya tarik yang termasuk ke dalam kategori daya tarik rasional antara lain fitur, keunggulan, harga, berita, dan popularitas produk atau jasa (Belch & Belch, 2003).

b. Daya Tarik Emosional Daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan sosial dan atau psikologis target audiens. Pengiklan menggunakan daya tarik emosional dengan tujuan agar perasaan positif target audiens dapatditransfer ke merek dan untuk mempengaruhi interpretasi target audiens dari pengalaman penggunaan produk atau jasa tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa perasaan positif yang diciptakan oleh iklan dapat memberikan efek yang kuatterhadap merek. Beberapa daya tarik yang termasuk ke dalam kategori daya tarik emosional antara lain kenyamanan, ketakutan, cinta, kebahagiaan, nostalgia (Belch & Belch, 2003).

c. Daya Tarik Rasional dan Emosional Keputusan pembelian target audiens sering didasari atas kedua motif emosional dan rasional, dan tidak menutup kemungkinan juga dalam mengembangkan iklan yang efektif pesan iklan dibuat menggunakan daya tarik rasional dan emosional. Keputusan pembelian mengenai jasa juga dapat didasarkan pada kedua motif rasional dan emosional. (Belch & Belch, 2003).

Eksekusi kreatif adalah caradaya tarik iklan disajikan. Sementara itu jelas penting untuk sebuah iklan memiliki daya tarik atau pesan yang bermakna untuk disampaikan kepada target audiens, cara di mana iklan dieksekusi juga penting. Terdapat beberapa gaya eksekusi iklan, antara lain sebagai berikut (Belch & Belch, 2003):

1. Straight-Sell or Factual Message Jenis iklan bergantung pada presentasi langsung dari informasi mengenai produk atau jasa. Eksekusi sering digunakan dengan daya tarik rasional, di mana fokus pesan adalah fitur dan atau manfaat produk atau jasa tertentu. 

2. Scientific or Technical Evidence Pengiklan sering mengutip informasi teknis, hasil penelitian ilmiah atau laboratorium, atau dukungan dari badan ilmiah atau lembaga untuk mendukung klaim iklan mereka. 

3. Demonstration Iklan demonstrasi dirancang untuk menggambarkan keuntungan utama dari produk atau jasa dengan menunjukkan penggunaan aktual dalam beberapa situasi secara langsung. 

4. Comparison Eksekusi perbandingan menawarkan secara langsung mengenai keuntungan merek produk atau jasa tertentu dengan kompetitornya atau posisi merek baru atau yang kurang dikenal dengan merek yang sudah dikenal. 

5. Testimonial Eksekusi pesan iklan disajikan dengan cara testimonial, dimana endorser yang dikenal atau dihormati seperti selebriti atau ahli di bidang tertentu terkait produk atau jasa berbicara atas nama perusahaan atau merek, pesan tidak selalu berdasarkan pengalaman pribadi mereka. 

6. Slice of Life Eksekusi iklan ini pada umumnya menggambarkan masalah atau konflik yang target audiens hadapi dalam kehidupan sehari-hari mereka, iklan menunjukkan bagaimana produk atau jasa tertentu dapat menyelesaikan masalah. 

7. Animation Animasi digambar oleh seniman menggunakan komputer berupa kartun, boneka, atau jenis lain dari karakter fiksi. Kartun animasi sangat populer untuk iklan yang ditargetkan pada anak-anak. Grafis komputer bisa sangat realistis dan telah mengubah karakter animasi. Biaya animasi tergantung pada gaya: dengan gerakan terbatas, beberapa karakter, dan sedikit atau ti-dak ada latar belakang (Lane et al, 2011). 

8. Personality Symbol Tipe lain dari eksekusi iklan meliputi pengembangan karakter utama atau simbol kepribadian yang dapat menyampaikan pesan iklan dan dapat diidentifikasi melalui produk atau jasa yang diiklankan. 

9. Imagery Eksekusi perumpamaan pada gambar digunakan ketika tujuannya adalah untuk mendorong konsumen dalam mengasosiasikan merek dengan simbol, karakter, dan atau situasi yang ditampilkan dalam iklan. 

10. Dramatization Dramatisasi agak mirip dengan slice of life, mengandalkan pendekatan pesan dalam pemecahan masalah, tetapi menggunakan kesenangan dan ketegangan berlebihan dalam penyampaian cerita. 

11. Humor dapat menjadi strategi yang berguna karena menarik perhatian dan mudah diingat. Penelitian terbaru, namun menemukan bahwa iklan lucu tidak menjual lebih baik daripada yang tidak lucu dan bahwa iklan lucu yang bekerja terbaik menyeimbangkan humor dengan informasi dan relevansi (Moriarty 2015). 

12. Musical Musik atau jingle adalah salah satu pesan terbaik danterburuk iklan yang dihasilkan. Jika hasilnya baik, iklan dapat membawa sukses besar bahkan di luar rata-rata komersial non musik. Sebaliknya, hasil yang buruk dapat membuang anggaran iklan dan di luar dugaan dapat mengganggu keyakinan target audiens terhadap produk atau jasa 

13. Combinations Banyak teknik eksekusi dapat dikombinasikan untuk menyajikan pesan iklan. Hal tersebut merupakan tanggung jawab spesialis kreatif untuk menentukan apakah lebih dari satu gaya eksekusi harus digunakan dalam iklan.

Belum ada Komentar untuk "Daya Tarik Iklan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel