Komunikasi Sebagai Keterampilan
Minggu, 29 Juli 2018
Tambah Komentar
Komunikasi Sebagai Keterampilan |
Komunikasi yang efektif dicapai dengan adanya kemahiran bagi setiap pelakunya. Kemampuan komunikasi meliputi kemampuan mendengarkan, memberi respon, menggunakan dan memahami bahasa dan simbol, menyampaikan pesan, mengatasi konflik yang mungkin terjadi dalam setiap interaksi. Kemahiran berkomunikasi adalah sebagai dasar pembentukan individu dengan kualitas kepemimpinan yang memadai. Dalam interaksinya, individu diharapkan memiliki hal-hal seperti berikut:
1. Kemampuan berkomunikasi yang jelas berhubungan dengan pesan yang akan disampaikan, instruksi yang akan diberikan dan lainnya dengan tujuan agar komunikan atau lawan bicara dapat memahami maksud dari pembicaraan
2. Assertive dan empati terhadap lawan bicara dengan konteks yang berlaku pada saat interaksi berlangsung
3. Memiliki integritas tinggi
4. Dapat memberikan motivasi bagi orang lain
5. Menghormati orang lain dalam setiap interaksi
6. Mampu bekerja sama secara efektif sehingga alur komunikasi dapat mengalir dengan baik dan efektif
Untuk menjadi individu dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, seseorang haruslah memiliki kemampuan untuk menjadi individu yang pemerhati. Pemerhati, being mindful, di sini dimaksudkan bahwa seseorang itu akan memahami lingkungan sosialnya, individu yang berhadapan dengan dirinya, konteks pesan yang menjadi bahan perbincangan, paham bagaimana harus bersikap, dapat menjadi pendengar yang sepenuhnya memahami konteks pembicaraan dan memberikan umpan balik yang semestinya dan lainnya.
Belum ada Komentar untuk "Komunikasi Sebagai Keterampilan"
Posting Komentar