Unsur-unsur dan Karakteristik Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi pemasaran dapat dipahami dengan menguraikan dua unsur pokoknya, yaitu Komunikasi dan Pemasaran. Komunikasi adalah proses di mana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar individu atau antara organisasi perusahaan dengan individu. Pemasaran adalah sekumpulan kegiatan di mana perusahaandan organisasi lainnya mentransfer nilai-nilai (pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya.

Unsur-unsur komunikasi pemasaran terpadu dibeberapa literature juga disebut dengan IMC TOOLS (alat-alat komunikasi pemasaran terpadu). Dalam pelaksanaan IMC terdapat beberapa tools (alat) untuk melakukan kegiatan.
Unsur-unsur dan Karakteristik Komunikasi Pemasaran Terpadu

Konsep dasar dari marketing communication adalah: 

Marketing Mix 
Marketing  mix merupakan variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Variabel yang terdapat didalamnya adalah  produk, harga, distribusi, dan promosi.

Dari literatur yang ada konsepsi komunikasi pemasaran ini pada dasarnya berkaitan dengan konsepsi komunikasi tentang unsur-unsur klasik pemasaran yang lazim disebut dengan formula “4P” yaitu:

1. Product (Produk)
2. Price (Harga)
3. Place (Tempat, Distribusi)
4. Promotion (Promosi)


A. Product (produk)
Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan produsen atau perusahaan untuk di perhatikan, dimintai, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.  Produk menurut Kotler dan Amstrong (1996: 274) adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.  Menurut Stanton, (1996: 222) adalah kumpulan dari atributatribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna, harga, kualitas dan merek ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.  Menurut Tjiptono (1999: 95) secara konseptual produk adalah pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi  serta daya beli.

B. Price(harga) 
Penentuan harga merupakan titik kritis dalam bauran pemasaran karena harga menentukan pendapatan dari suatu usaha atau bisnis. Keputusan penentuan harga juga sangat signifikan didalam penentuan nilai/ manfaat yang dapat diberikan kepada pelanggan dan memainkan peranan penting dalam gambaran kualitas produk. Prinsip-prinsip penetapan harga yang di usulkan oleh Kotler dikutip dari Zeithaml dan Bitner adalah sebagai berikut:

1) Perusahaan harus mempertimbangkan sejumlah factor dalam menetapkan harga, dalam mencakup; pemilihan tujuan, penetapan harga, menentukan tingkat permintaan, perkiraan biaya, menganalisa harga yang ditetapkan dan produk yang ditawarkan pesaing, pemilihan metodepenetapan harga, serta menentukan harga akhir.
2) Perusahaan tidak harus selalu berupaya mencari profit maksimum tetapi dapat disiasati dengan cara memaksimumkan penerimaan barang sekarang, memaksimumkan penguasaan pasar. 
3) Memahami respon permintaan terhadapperubahan harga
4) Mempertimbangkan berbagai jenis biaya
5) Melihat harga-harga pesaing sebagai referensi.
6) Variasi penetapan harga.
7) Menyesuaikan harga psikologis, diskon, promosi, serta harga bauran produk.

C. Place (tempat/lokasi)  
 Lokasi berhubungan dengan keputusan yang di buat oleh perusahaan mengenai dimana operasi dan produknya akan dipasarkan, yang paling penting dari lokasi adalah tipe dan tingkat interaksi yang terlibat. Untuk produk industri place di artikan sebagai saluran distribusi.

D. Promotion (promosi)
Promosi merupakan salah satu factor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. “ Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakanyang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.”13 Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum perna mendengarnya dan tidak yakin produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan perna membelinya.  Elemen promosi, termasuk display, poster, tanda-tanda dan variasi bahan-bahan ditoko lainya, yang didesain untuk mempengaruhi pilihan pelanggan pada saat pembelian

Belum ada Komentar untuk "Unsur-unsur dan Karakteristik Komunikasi Pemasaran Terpadu "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel