KOMUNIKASI PEMASARAN ERA CYBER/DIGITAL
Minggu, 02 Juni 2019
Tambah Komentar
Sejarah Awal Internet
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Baru pada awal tahun 1990, penggunaan internet baru mulai dibuka luas bagi publik. Kotler (2012) menyatakan bahwa internet adalah suatu jaringan internasional dari jaringan komputer yang telah membuat komunikasi global secara seketika menjadi mungkin. Penggunaan internet telah meningkat dengan perkembangan world wide web dan program browser seperti Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer, selanjutnya Google Chrome, Mozilla, Opera, dan lain-lain.. Pengguna internet sekarang mendapat pengalaman akan teks terpadu, grafik, gambar, dan suara; mengirim email dan mengunjungi chat rooms untuk bertukar pikiran; belanja suatu produk; dan mencari semua jenis informasi.
KOMUNIKASI PEMASARAN ERA CYBER/DIGITAL |
Pemasaran Awal Digital
Memasuki tahun 2000, internet berkembang menjadi jaringan internasional untuk dunia hiburan (contoh situs: youtube.com, eonline.com, kapanlagi.com), komunikasi antar pribadi (situs pertemanan/media sosial, contoh: friendster.com, facebook.com, twitter.com), pertukaran informasi (contoh situs: google.com, yahoo.com, detik.com) serta perdagangan (contoh situs: ebay.com, amazon.com).
Internet juga memungkinkan seseorang untuk memesan barang dan jasa dimana saja dan kapan saja. Dari sudut pandang konsumen, keberadaan internet dengan berbagai fasilitas online-nya memungkinkan adanya pilihan lain dalam membeli. Konsumen dapat membeli secara offline, misalnya datang ke mall, atau membeli secara online melalui toko online di internet.
Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.
Faktor Psikologis Digital Marketing
Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.
Dalam pengertian tersebut, maka internet adalah jaringan global dari jaringan-jaringan komputer yang luas dan berkembang tanpa ada manajemen atau kepemilikan terpusat. Saat ini, internet menghubungkan individu-individu dan perusahaan satu sama lain dan dengan informasi ke seluruh dunia. Internet menyediakan koneksi ke informasi, hiburan, dan komunikasi kapan pun dan dimanapun. Perusahaan menggunakan internet untuk membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan dan rekan bisnis serta untuk menjual dan mendistribusikan produk mereka dengan lebih efektif dan efisien.
WWW (World Wide Web)
Web dan www, adalah informasi yang dapat diaskses melalui internet dimana dokumen hypermedia (file komputer) yang disimpan dan kemudian diambil melalui skema pengalamatan.
HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah kumpulan tag dan aturan yang mengacu pada Standard Generalized Markup Language (SGML) yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
DATABASE
Database adalah sebuah kumpulan data logical yang berhubungan dan penjelasan akan data tersebut, didesain agar memenuhi kebutuhan informasi dari sebuah organisasi. Sistem database skala besar yang cukup populer antara lain Oracle, Microsoft SQL Server, IBM DB2. Sistem database skala kecil adalah seperti Microsoft Access.
Belum ada Komentar untuk "KOMUNIKASI PEMASARAN ERA CYBER/DIGITAL"
Posting Komentar