Arti Penting Komunikasi

Komunikasi merupakan hal penting yang menjadi bagian dari hari-hari kita dalam berinteraksi. Apa pentingnya kita mempelajari ilmu komunikasi? Dalam kehidupan manusia, komunikasi memiliki peranan yang sangat penting, sebagai alat dan jembatan penghubung antara individu dalam pemenuhan kebutuhannya. Setiap kegiatan yang kita lakukan akan melibatkan komunikasi, bahkan yang berhubungan dengan diri kita sendiri.

Arti Penting Komunikasi


Seperti telah dijelaskan pada modul sebelumnya bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian pesan, ide dan gagasan dari komunikator kepada komunikan yang mana prosesnya dipengaruhi berbagai konteks. Setiap proses penyampaian pesan akan berbeda-beda bergantung apa yang melatari interaksi yang terjadi; dilihat secara fisik, psikologis maupun konteks sosial budaya. Manusia sebagai bagian dari interaksi sosial merupakan sosok dinamis yang senantiasa bergerak, berkembang dan bahkan berubah. Oleh karena itu, komunikasi menempati posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Bahwa melalui interaksi sosial, komunikasi digunakan untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia bersosialisasi, pembentukan citra diri, menghindari rasa keterasingan dari lingkungan sosial dan pemenuhan kepentingan diri sendiri untuk mengenal dan berkembang. Rasa percaya diri dapat wujud sebagai efek dari pujian dan pengakuan lingkungan sosial.

Melalui komunikasi dalam interaksi sosial, manusia akan bisa mengekspresikan apa yang ada di kepalanya sebagai sebuah gagasan dan ide. Selain itu juga dapat menggambarkan apa yang dirasakan dalam wujud ekspresi diri. Melalui interaksi sosial dan komunikasi juga manusia dapat mengenal dan mempelajari tentang kehidupan masyarakat dan budaya melalui peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Selain itu, komunikasi juga dijadikan alat untuk berbagi ilmu dan pengetahuan, saling menghibur dan lain sebagainya.

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa komunikasi bukan hanya sekadar berbicara dan berekspresi. Lebih dari itu, komunikasi digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia. 

Belum ada Komentar untuk "Arti Penting Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel