Konteks Komunikasi

Memahami komunikasi artinya memahami segala yang terjadi ketika interaksi komunikasi itu berlangsung, mengapa terjadi, ap
a tujuannya, siapa yang terlibat, dan lainnya. 

Konteks Komunikasi
Dalam komunikasi, terdapat tiga unsur penting yang selalu terlibat; komunikator, saluran, dan komunikan (Burhan Bungin 2011, 57-58). Komunikator merupakan orang atau organisasi penyampai pesan yang memiliki informasi untuk disampaikan atau disebarkan, saluran merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan baik itu berupa tatap muka antar individu maupun media massa, yang terakhir adalah komunikan perseorangan atau kelompok dalam masyarakat yang menerima pesan atau menjadi sasaran penyampaian informasi dari komunikator.

1. Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang terjadi dalam diri komunikator itu sendiri. Proses komunikasi ini terjadi berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia. Pada komunikasi ini, proses penerimaan informasi, mengolah, menyimpan dan menghasilkan kembali terjadi dalam diri seorang individu. 

2. Komunikasi antarpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antar-perorangan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan media yang bersifat pribadi (Burhan Bungin 2011, 32). 

Kumpulan beberapa individu yang berkomunikasi dengan kumpulan yang lainnya dikategorikan sebagai bentuk komunikasi kelompok, walaupun jenis komunikasi ini tetap melibatkan individu namun proses perumusan pesan, penyampaian pesan dan respon terhadap pesan dibuat atas kesepakatan bersama diantara anggota kumpulan tersebut. 

Ada pula konteks komunikasi publik yang menjelaskan proses interaksi komunikasi antara seorang pembicara dengan khalayaknya yang tidak bisa dikenali satu demi satu. Komunikasi demikian juga sering dikenal sebagai proses pidato, ceramah atau pun kuliah umum. 

3. Komunikasi sosial secara luas terjadi diantara anggota masyarakat yang bersifat dua arah dan lebih mengarah pada pencapaian integrasi sosial, stabilitas sosial, tertib sosial, pemecahan masalah sosial dan hal lainnya yang menyangkut kepentingan orang banyak dalam masyarakat. 

4. Komunikasi organisasi yang merujuk pada pola komunikasi dalam konteks organisasi yang melibatkan bentuk komunikasi lainnya; komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Dalam komunikasi ini terapat struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian, serta kebudayaan berorganisasi.

5. Komunikasi massa merupakan jenis komunikasi yang memerlukan peran media massa dalam penyampaian pesan. Secara teori, komunikasi massa adalah proses penyampaian pesan dimana komunikator merupakan suatu organisasi media yang kompleks dan besar yang menggunakan alat bantu media atau pun transmitor untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas yang heterogen, anonim (tidak dikenal) dan jumlah yang banyak (Dominick 2011, 9). Pesan yang disebarkan melalui media massa biasanya bersifat terbuka untuk publik sehingga siapa saja yang dapat mengakses media tersebut dapat menerima. 

Pada era digital dan perkembangan konvergensi media (media convergence) berupa internet, media massa ini kemudian dipertanyakan apakah hanya didefinisikan terbatas sebagai komunikasi yang bersifat massa atau bisa dikategorikan sebagai komunikasi antarpribadi yang menggunakan media? Dominick (2011) mengupas fenomena media internet ini sebagai satu media yang bukan hanya organisasi besar media yang menjadi komunikatornya namun individu pengguna media masa itu sendiri. 

Fungsi dan konteks komunikasi yang telah diuraikan di atas hendaknya dapat diketahui dan dipahami bagaimana wujudnya dalam interaksi manusia secara nyata dalam masyarakat. Pentingnya seorang sarjana komunikasi memahami hal dasar ini adalah agar dapat melihat fenomena komunikasi ini secara detil dan mendalam, sehingga dapat menganalisis fenomena dan isu dalam interaksi tersebut. Sebagai orang awam, kita perlu setidaknya mengetahui bahwa komunikasi tidak sesederhana kita berbicara tanpa tahu bagaimana hubungan antara para pelakunya, sehingga dalam pelaksanaan proses penyampaian dan penerimaan pesan terdapat kesadaran bahwa proses tersebut dilakukan dengan cara yang, mungkin saja, berbeda bergantung bagaimana konteksnya.

Belum ada Komentar untuk "Konteks Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel