Pengertian Bauran Promosi dan Strategi Promosi
Selasa, 31 Juli 2018
Tambah Komentar
Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 116), “bauran promosi merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan”. Menurut Kotler, Komunikasi pemasaran mengenai 4P ini kemudian dijabarkan lagi menjadi beberapa konsep, konsep dasar dari strategi promosi adalah:
2. Promosi Penjualan
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Sales promotion merupakan istilah singkat dari penawaran nilai tambah yang dirancang untuk mengerakkan dan mempercepat respon dari customer. Pada konsepnya, sales promotion biasa digunakan untuk memotivasi customer agar melakukan aksi dengan membeli produk yang di picu dengan adanya penawaran produk dalam jangka waktu terbatas.
3. Hubungan masyarakat dan Publisitas
Berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. PR dalam konsep IMC ialah melakukan pekerjaan yang sangat luas dan beragam, tiak hanya bertugas men-track opini public saja, tetapi juga bertugas me-manage corporate brand dan menjaga reputasinnya. Lalu MPR merupakan sala satu fungsi PR yang digunakan sebagai media tanpa bayar untuk menyampaikan brand information guna mempengaruhi calon customer atau customer secara positif. MPR sendiri lebih focus pada calon customer atau customer dan melengkapi strategi marketing yang lain dengan 4 cara:
1. Meningkatkan kredibilitan brand message,
2. Menyampaikan message sesuai targetnnya sesuai aspek demografis, pesikologis, etnik atau khalayak secara regional,
3. Mempengaruhi opinion leader atau trendsetter yang mempengaruhi,
4. Melibatkan customer dan stakeholder lainya pada event sepesial).
4. Penjualan secara pribadi
Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan. Personal selling adalah komunikasi dua arah dimana seseorang penjualan menjelaskan fitur dari suatu brand untuk kepentingan pembeli. Palam personal selling, dilibatkan komunikasi yang sifatnya tatap muka dan kegiatanya pada sekarang ini terfokus pada pemecahan masalah dan penciptanya nilai bagi customer lebih dikenal dengan partnership difinisi dari partnership adalah seorang salesperson harus memahami customer-nya dengan baik. Personal selling sendiri merupakan bagian dari direct marketing, namun perbedaan dasarnya adalah dalam personal selling, perusahaan yang dijembatani salesperson berinteraksi secara tatap muka denga customer.
5. Pemasaran langsung
Penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan. Disaat perusahaan inggin berhubungan langsung dengan customer tanpa melalui retailer, maka digunakan direct response marketing. Direct marketing merupakan sala satu fungsi IMC yang terdiri dari front end dan back of operations. Front end menyusun harapan-harapan dari konsumen yang mencakup the offer (yakni segala sesuatu yang nyata maupun tidak dijanjikan oleh perusahaan guna mencapai prilaku customer yang di inginkan perusahaan.
akan tetapi dengan bertambahnya zaman, persaingan pasar makin ketat, berkembangannya berbagai jenis media baru dan semakin canggihnya konsumen maka Strategi Promos atau alat IMC di rumuskan menjadi:
1. Advertising
2. Consumer sales promotion
3. Trade Promotion and Co-marketing
4. Packaging, Point-Of-Purchase
5. Personal Selling
6. Public Relations
7. Brand Publicity
8. Corporate Advertising
9. The internet
10. Direct marketing
11. Experiantial Contact: Events, Sponsorship
12. Customer Service
13. Word of Mouth
Pengertian Bauran Promosi dan Strategi Promosi |
Promotion Strategy :
1. Periklanan Semua bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu. Advertising merupakan “suatu bentuk dari presentasi non personal dan promosi dari suatu ide, barang atau jasa yang tidak gratis dan dilakukan oleh sponsor yang teridentifikasi. Karakteristik dari iklan sendiri adalah bersifat non personal, komuniokasi satu arah, ada sponsor dan bertujuan untuk mengubah sikap dan prilaku.2. Promosi Penjualan
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Sales promotion merupakan istilah singkat dari penawaran nilai tambah yang dirancang untuk mengerakkan dan mempercepat respon dari customer. Pada konsepnya, sales promotion biasa digunakan untuk memotivasi customer agar melakukan aksi dengan membeli produk yang di picu dengan adanya penawaran produk dalam jangka waktu terbatas.
3. Hubungan masyarakat dan Publisitas
Berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. PR dalam konsep IMC ialah melakukan pekerjaan yang sangat luas dan beragam, tiak hanya bertugas men-track opini public saja, tetapi juga bertugas me-manage corporate brand dan menjaga reputasinnya. Lalu MPR merupakan sala satu fungsi PR yang digunakan sebagai media tanpa bayar untuk menyampaikan brand information guna mempengaruhi calon customer atau customer secara positif. MPR sendiri lebih focus pada calon customer atau customer dan melengkapi strategi marketing yang lain dengan 4 cara:
1. Meningkatkan kredibilitan brand message,
2. Menyampaikan message sesuai targetnnya sesuai aspek demografis, pesikologis, etnik atau khalayak secara regional,
3. Mempengaruhi opinion leader atau trendsetter yang mempengaruhi,
4. Melibatkan customer dan stakeholder lainya pada event sepesial).
4. Penjualan secara pribadi
Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan. Personal selling adalah komunikasi dua arah dimana seseorang penjualan menjelaskan fitur dari suatu brand untuk kepentingan pembeli. Palam personal selling, dilibatkan komunikasi yang sifatnya tatap muka dan kegiatanya pada sekarang ini terfokus pada pemecahan masalah dan penciptanya nilai bagi customer lebih dikenal dengan partnership difinisi dari partnership adalah seorang salesperson harus memahami customer-nya dengan baik. Personal selling sendiri merupakan bagian dari direct marketing, namun perbedaan dasarnya adalah dalam personal selling, perusahaan yang dijembatani salesperson berinteraksi secara tatap muka denga customer.
5. Pemasaran langsung
Penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan. Disaat perusahaan inggin berhubungan langsung dengan customer tanpa melalui retailer, maka digunakan direct response marketing. Direct marketing merupakan sala satu fungsi IMC yang terdiri dari front end dan back of operations. Front end menyusun harapan-harapan dari konsumen yang mencakup the offer (yakni segala sesuatu yang nyata maupun tidak dijanjikan oleh perusahaan guna mencapai prilaku customer yang di inginkan perusahaan.
akan tetapi dengan bertambahnya zaman, persaingan pasar makin ketat, berkembangannya berbagai jenis media baru dan semakin canggihnya konsumen maka Strategi Promos atau alat IMC di rumuskan menjadi:
1. Advertising
2. Consumer sales promotion
3. Trade Promotion and Co-marketing
4. Packaging, Point-Of-Purchase
5. Personal Selling
6. Public Relations
7. Brand Publicity
8. Corporate Advertising
9. The internet
10. Direct marketing
11. Experiantial Contact: Events, Sponsorship
12. Customer Service
13. Word of Mouth
Belum ada Komentar untuk "Pengertian Bauran Promosi dan Strategi Promosi"
Posting Komentar