Sejarah Advertising Dunia
Senin, 30 Juli 2018
Tambah Komentar
Berikut adalah garis besar pembagian sejarah advertising dunia:
1. Periklanan di Jaman Mesopotamia.
Iklan sebagaimana yang terlihat sekarang sudah dikenal dalam peradaban bangsa-bangsa Mesopotamia dan Babilonia kirakira 3000 tahun sebelum masehi. Pada jaman ini para pedagang menyea perahu dan mengutus pedagang keliling untuk mengantar hasil-hasil produksi kepada konsumen. Sstem pengedaran dilakukan dari rumah kerumah. Atau dengan menggunakan “tukan teriak kota” (town crier). Iklan awalnya disini menggunakan bentuk pesan berantai yang disebut juga the word of mouth. Hal ini dilakukan untuk membantu kelancaran jual beli didalam masyarakat yang belum mengenal huruf.
2. Periklanan di Jaman Yunani dan Romawi.
Kebiasaan berdagang door to door masih terus dilakukan dandipertahankan sebagai suatu system pemasaran di jaman Yunani dalam perdagangan antar kota (polis). Kebiasaan itu juga terdapat di masyarakat Romawi. Periklanan di jaman Romawi nampaknya lebih maju selangkah dari langkah-langkah yang dilakukan sebelumnya. Selain karena penyebaran informasi sepihak melalui pahatan pada dinding kota (relief), telah terjalin system pertukaran informasi secara cepat antara produsen dan konsumen.
3. Periklanan di Jaman Pertengahan Sampai Abad 18
Menurut Boyee (1986) peralihan pesan-pesan iklan dari relief kota Pompeii ke atas kertas untuk pertama kalinya dilakukan di Cina di saat kertas ditemukan (1275). Selanjutnya dikembangkan dengan penemuan mesin cetak yang pertama kali oleh Guttenberg di Mainz, Jerman (1455). Dimulailah penyebaran pesan iklan melalui media cetak. Iklan cetak pertama muncul di Inggris tahun 1472, yaitu berbentuk poster tentang terbitnya buku-buku doa gereja. Iklan Siquis muncul di Inggris pada akhir abad 15. berupa iklan tempel (want ad / iklan cari). Iklan ini mengandung unsur frase “Siapapun mengetahui” atau “siapapun yang menginginkan”. Surat kabar pertama terbit di London tahun 1650, surat kabar tersebt menggunakan cara-cara pemberitaan berbentuk iklan. Di Amerika Serikat surat kabar yang pertama memasang iklan adalah Boston Newsletter pada tahun 1704. Benyamin Franklin dipandang sebagai orang AS pertama yang memperkaya informasi dari iklan dengan menambah suatu tekanan pada segi ilustrasi sehingga efek iklan makin kuat. Lembaga periklanan pertama di AS didirikan oleh Francis Ayer di Philadelhia pada tahun 1841 dengan nama N.W Ayer & Son. Periklanan yang ditata dengan cara bisnis modern baru dikenal tahun 1892 ketika NW Ayer mulai memperbaharui teknik penyampaian pesan untuk mempersuasi konsumen dengan merencakan, menciptakan dan menjalankan kampanye iklan atas permintaan pengiklan. Pada tahun 1839, penemuan fotografi telah memberikan kemudahan dalam proses pembuatan iklan dan penambahan kredibilitas dan dunia baru bagi kreativitas iklan. Di AS selajutnya perkembangan Periklanan media cetak surat kabar kemudian merambah pada media majalah, bulan juli 1844 iklan majalahpertama secara khusus muncul dimajalah Southern Messenger, di bawah arahan Edgar Allen Poe. Munculnya teknologi komunikasi seperti telepon telegraf dan juga film masa periode ini membawa kemajuan tersendiri bagi dunia periklanan.
4. Periklanan menjelang Abad 19 sampai tahun 1930.
Menjelang akhir abad 18 atau di awal abad ke 19 dunia pada umumnya mengalami pertambahan penduduk khususnya pertambahan kemampuan membaca dan menulis terutama terjadi di AS dan Eropa. A.C. Nielsen, Daniel Strach, George Gallup mulai melakukan penelitian tentang hakekat periklanan dan keseluruhan sistemnya serta mengumpulkan pendapat umum tentang seberapa jauh pengaruh iklan terhadap khalayaknya. Pada era ini juga mulai ada perubahan dalam penggunaan media, dari media cetak ke penggunaan media elektronik. Iklan radio mulai dikenal pada tanggal 2 November 1920 di Pittsburg, Pensylvania, Penggunaan televisi diperkenalkan pada tahun 1930-an maka J. Walter Thomson mulai menjajaki pemasangan iklan melalui layar kaca.
5. Periklanan Pasca Perang Dunia II.
Menurut Boyee perkembangan periklanan sesudah perang dunia II sampai sekarang paling terdiri dari era: a) Era Unique Selling Proposition/USP, b) Era the Positioning, c) Era Perhatian Terhadap Lingkungan .
6. Era Global Interactive.
Perkembangan teknologi baru diawal abad ke-21 membawa pengaruh yang besar bagi duni periklanan. Televisi kabel dan satelit penerima memungkinkan orang untuk menonton saluran televisi yang memiliki program spesifik. Penggunaan televisi kabel menjadikan televisi berubaha dari media yang memiliki jangkauan yang lebih khusus. Teknologi computer juga memberikan pengaruh yang besar bagi dunia periklanan dengan menggunakan internet dalam menjangkau konsumen untuk mencari informasi produk yang mereka inginkan.
7. Era Global Interactive.
Perkembangan teknologi baru yang diawali abad ke-21 membawa pengaruh besar bagi perkembangan periklanan. TV kabel dan satelit penerima memungkinkan orang untuk menonton saluran televisi yang memiliki program spesifik. Penggunaan TV kabel menjadikan TV berubah menjadi media yang memilliki jangkauan yang lebih khusus. Teknologi computer juga memberikan pengaruh yang besar bagi dunia periklanan dengan menggunaan internet dalam menjangkau konsumen yang potensial. Sifat interaktif dari internet memungkinkan konsumen untuk mencari informasi produk yang mereka inginkan.
Sejarah Advertising Dunia |
1. Periklanan di Jaman Mesopotamia.
Iklan sebagaimana yang terlihat sekarang sudah dikenal dalam peradaban bangsa-bangsa Mesopotamia dan Babilonia kirakira 3000 tahun sebelum masehi. Pada jaman ini para pedagang menyea perahu dan mengutus pedagang keliling untuk mengantar hasil-hasil produksi kepada konsumen. Sstem pengedaran dilakukan dari rumah kerumah. Atau dengan menggunakan “tukan teriak kota” (town crier). Iklan awalnya disini menggunakan bentuk pesan berantai yang disebut juga the word of mouth. Hal ini dilakukan untuk membantu kelancaran jual beli didalam masyarakat yang belum mengenal huruf.
2. Periklanan di Jaman Yunani dan Romawi.
Kebiasaan berdagang door to door masih terus dilakukan dandipertahankan sebagai suatu system pemasaran di jaman Yunani dalam perdagangan antar kota (polis). Kebiasaan itu juga terdapat di masyarakat Romawi. Periklanan di jaman Romawi nampaknya lebih maju selangkah dari langkah-langkah yang dilakukan sebelumnya. Selain karena penyebaran informasi sepihak melalui pahatan pada dinding kota (relief), telah terjalin system pertukaran informasi secara cepat antara produsen dan konsumen.
3. Periklanan di Jaman Pertengahan Sampai Abad 18
Menurut Boyee (1986) peralihan pesan-pesan iklan dari relief kota Pompeii ke atas kertas untuk pertama kalinya dilakukan di Cina di saat kertas ditemukan (1275). Selanjutnya dikembangkan dengan penemuan mesin cetak yang pertama kali oleh Guttenberg di Mainz, Jerman (1455). Dimulailah penyebaran pesan iklan melalui media cetak. Iklan cetak pertama muncul di Inggris tahun 1472, yaitu berbentuk poster tentang terbitnya buku-buku doa gereja. Iklan Siquis muncul di Inggris pada akhir abad 15. berupa iklan tempel (want ad / iklan cari). Iklan ini mengandung unsur frase “Siapapun mengetahui” atau “siapapun yang menginginkan”. Surat kabar pertama terbit di London tahun 1650, surat kabar tersebt menggunakan cara-cara pemberitaan berbentuk iklan. Di Amerika Serikat surat kabar yang pertama memasang iklan adalah Boston Newsletter pada tahun 1704. Benyamin Franklin dipandang sebagai orang AS pertama yang memperkaya informasi dari iklan dengan menambah suatu tekanan pada segi ilustrasi sehingga efek iklan makin kuat. Lembaga periklanan pertama di AS didirikan oleh Francis Ayer di Philadelhia pada tahun 1841 dengan nama N.W Ayer & Son. Periklanan yang ditata dengan cara bisnis modern baru dikenal tahun 1892 ketika NW Ayer mulai memperbaharui teknik penyampaian pesan untuk mempersuasi konsumen dengan merencakan, menciptakan dan menjalankan kampanye iklan atas permintaan pengiklan. Pada tahun 1839, penemuan fotografi telah memberikan kemudahan dalam proses pembuatan iklan dan penambahan kredibilitas dan dunia baru bagi kreativitas iklan. Di AS selajutnya perkembangan Periklanan media cetak surat kabar kemudian merambah pada media majalah, bulan juli 1844 iklan majalahpertama secara khusus muncul dimajalah Southern Messenger, di bawah arahan Edgar Allen Poe. Munculnya teknologi komunikasi seperti telepon telegraf dan juga film masa periode ini membawa kemajuan tersendiri bagi dunia periklanan.
Sejarah Advertising Dunia |
4. Periklanan menjelang Abad 19 sampai tahun 1930.
Menjelang akhir abad 18 atau di awal abad ke 19 dunia pada umumnya mengalami pertambahan penduduk khususnya pertambahan kemampuan membaca dan menulis terutama terjadi di AS dan Eropa. A.C. Nielsen, Daniel Strach, George Gallup mulai melakukan penelitian tentang hakekat periklanan dan keseluruhan sistemnya serta mengumpulkan pendapat umum tentang seberapa jauh pengaruh iklan terhadap khalayaknya. Pada era ini juga mulai ada perubahan dalam penggunaan media, dari media cetak ke penggunaan media elektronik. Iklan radio mulai dikenal pada tanggal 2 November 1920 di Pittsburg, Pensylvania, Penggunaan televisi diperkenalkan pada tahun 1930-an maka J. Walter Thomson mulai menjajaki pemasangan iklan melalui layar kaca.
5. Periklanan Pasca Perang Dunia II.
Menurut Boyee perkembangan periklanan sesudah perang dunia II sampai sekarang paling terdiri dari era: a) Era Unique Selling Proposition/USP, b) Era the Positioning, c) Era Perhatian Terhadap Lingkungan .
6. Era Global Interactive.
Perkembangan teknologi baru diawal abad ke-21 membawa pengaruh yang besar bagi duni periklanan. Televisi kabel dan satelit penerima memungkinkan orang untuk menonton saluran televisi yang memiliki program spesifik. Penggunaan televisi kabel menjadikan televisi berubaha dari media yang memiliki jangkauan yang lebih khusus. Teknologi computer juga memberikan pengaruh yang besar bagi dunia periklanan dengan menggunakan internet dalam menjangkau konsumen untuk mencari informasi produk yang mereka inginkan.
7. Era Global Interactive.
Perkembangan teknologi baru yang diawali abad ke-21 membawa pengaruh besar bagi perkembangan periklanan. TV kabel dan satelit penerima memungkinkan orang untuk menonton saluran televisi yang memiliki program spesifik. Penggunaan TV kabel menjadikan TV berubah menjadi media yang memilliki jangkauan yang lebih khusus. Teknologi computer juga memberikan pengaruh yang besar bagi dunia periklanan dengan menggunaan internet dalam menjangkau konsumen yang potensial. Sifat interaktif dari internet memungkinkan konsumen untuk mencari informasi produk yang mereka inginkan.
Belum ada Komentar untuk "Sejarah Advertising Dunia"
Posting Komentar