Apa yang disebut dengan Brand dan Perbedaannya Dengan Branding
Jumat, 26 April 2019
Tambah Komentar
Apa yang disebut dengan Brand dan Perbedaannya Dengan Branding |
Definisi para ahli:
- Brand atau merek adalah janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli
(Kotler, Armstrong, 2008)
- Brand adalah ide, kata, desain grafis dan suara/bunyi yang mensimbolisasikan produk, jasa, dan perusahaan yang memproduksi produk dan jasa tersebut
(Janita, 2005)
- Produk adalah sesuatu yang dibuat didalam pabrik, merek adalah sesuatu yang dibeli oleh konsumen. Produk dapat ditiru pesaing, merek adalah unik.
(King, dalam Temporal & Lee 2002)
Brand adalah impresi keseluruhan yang ingin dipresentasikan kepada konsumen. Brand juga merupakan kata benda.
Makna brand adalah apa yang makna yang diyakini oleh khalayak atau konsumen (what people believe you stand for).
Contoh:- Starbucks sells coffee. It stands for daily inspiration.
- Apple sells computers. It stands for thinking differently.
- Disney sells animated and amusement park family entertainment. It stands for making dreams come true.
Brand adalah result (hasil) dari effort branding. Brand adalah deskripsi dari anda atau apa yang anda lakukan melalui identitas visual, dialog verval, dan tindakan (tone of actions)
Sedangkan Branding adalah menciptakan atau membuat Brand. Branding adalah kata kerja. Sehingga branding juga bisa dimaknai sebagai: proses strategi, membuat keputusan yang dapat mendukung tujuan dari branding itu sendiri, dan implementasi dari komponen komponen yang sudah ada.
Secara singkat: Brand hidup dalam pikiran konsumen. Sedangan BRANDING itu sendiri adalah: proses membangun kepercayaan dan persepsi dalam benak konsumen yang akurat dan sesuai (in alignment) dengan apa yang diinginkan oleh produsen tentang brand itu sendiri.
Belum ada Komentar untuk "Apa yang disebut dengan Brand dan Perbedaannya Dengan Branding"
Posting Komentar