 |
Branding Cycle |
Proses branding ibarat siklus yang terus menerus:
Keterangan :
PRODUCT DEFINITION
Banyak hal yang bisa diberi merek/brand (produk, servis, bahkan orang/ pribadi). Tapi sebelum proses branding itu sendiri berlangsung kita
wajib untuk terlebih dahulu mengetahui apa yang sedang kita branding dan brand kita adalah/akan menjadi ‘satu-satunya (one-and-only) atau salah satu dari beberapa brand dalam organisasi kita.
POSITIONING
Penting bagi setiap brand untuk menjadi unik, bermakna dan tersedia di market maupun di benak konsumen.
PROMISE
Menjaga janji kepada konsumen adalah sangat penting bahkan merupakan backbone dari brand dan dasar dari reputasi brand.
PRESENTATION
Bagaimana mempresentasikan brand dapat membangun atau justru menjatuhkan minat konsumen maupun kredibilitas brand dimata konsumen. Biasanya dimulai dari nama dan logo, berlanjut dengan bagaimana kita melaunching brand tersebut.
PERSISTENCE
Seringkali terjadi pemilik brand kehilangan semangat maupun kesabaran. Setelah launching mereka bosan melihat komunikasi (pesan maupun tampilan) dan mulai mencoba berimprovisasi dengan tampilan dan pesan baru bahkan personality dan janji brand yang baru.
PERCEPTION ANALYSIS
Dalam benak konsumen – brand mana yang tetap hidup? Brand-brand besar secara kontinu memonitor persepsi dari konsumen terhadap brand mereka, sejauh mana persepsi tersebut sesuai dengan aspirasi pemilik brand maupun kebutuhan konsumen.
Belum ada Komentar untuk "Proses Branding: Never Ending Cycle"
Posting Komentar