Unsur-Unsur Branding dan Jenis-Jenis Branding

Unsur-Unsur Branding dan Jenis-Jenis Branding

Branding Memiliki Beberapa Unsur Penting

Unsur terpenting dari suatu brand adalah nama dagang atau merek. Namun demikian brand tidak cukup bila hanya didukung dengan lambang atau simbol identitas visual yang secara konsisten dan sistematis diterapkan pada berbagai media pendukung komunikasi pemasaran suatu brand.

Unsur-unsur branding adalah sebagai berikut:
  1. Nama merek 
  2. Logo 
  3. Penampulan casual: desain kemasan, desain produk, design seragam, desain kendaraan
  4. Juru bicara: seleb, tokoh pendiri/perusahaan, mascot 
  5. Kata-kata: akronim, nama panggilan, slogan, tagline, jingle 
  6. Suara: lagu, icon, bunyi/nada, lagu tematik 

Jenis-jenis Branding  

Branding memiliki beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

a. Product Branding 

Branding produk merupakan hal yang paling umum dalam branding. Merek atau produk yang sukses adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk-produk pesaing lainnya.

b. Personal Branding 

Personal branding merupakan alat pemasaran yang paling populer di kalangan publik figure seperti politisi, musisi, selebriti, dan lainnya, sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.

c. Corporate Branding 

Corporate branding penting untuk mengembangkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka terhadap masyarakat.

d. Geographic Branding 

Geographic branding atau regional bertujuan untuk memunculkan gambaran dari produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebutkan oleh seseorang.

e. Cultural Branding 

Cultural branding mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan.

Belum ada Komentar untuk "Unsur-Unsur Branding dan Jenis-Jenis Branding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel