Apa yang dimaksud dengan Brand Positioning

Definisi Brand Positioning ?

Positioning adalah strategi untuk memenangi dan menguasai benak pelanggan melalu produk yang kita tawarkan. Kartajaya (2007) menyebut positioning sebagai the strategy to lead your customer credibly yaitu upaya mengarahkan pelanggan anda secara kredibel. artinya membangun kepercayaan berarti membangun kredibilitas, membangun kredibilitas berarti membangun positioning. Michael porter menyebutkan positioning adalah inti dari strategi. Dalam definisi tradisional, positioning sering disebut sebagai suatu strategi untuk memenangi dan menguasaibenak pelanggan melalui produk yang ditawarkan.

Apa yang dimaksud dengan Brand Positioning
Berikut ini adalah beberapa definisi dari brand positioning secara lengkap :

“Positioning merupakan proses menempatkan keberadaan perusahaan di benak pelanggan dengan membangun kepercayaan, keyakinan, dan trust kepada pelanggan.”  - Hermawan Kertajaya 

"Positioning is the act of designing the company’s offering and image so that they occupy a meaningful and distinct competitive position in the target customer’s mind.” Philip Kotler 

Brand positioning as a way of demonstrating a brand’s advantage over and differentiation form its competition (cara untuk mendemonstrasikan keunggulan dari suatu merek dan perbedaannya dari competitor lain). Gelder (2005)

Definisi Positioning menurut Ali Hasan (2008) : “Positioning adalah penempatan sebuah merek di bagian pasar di mana merek tersebut akan mendapatkan sambutan positif dibandingkan dengan produk - produk saingannnya”.  

Rise & Trout (2002) berpendapat bahwa “Positioning bukanlah sesuatu yang anda lakukan pada produk. Positioning adalah sesuatu yang Anda lakukan pada pikiran calon konsumen.”  

Jadi positioning berhubungan dengan bagaimana memperoleh posisi yang jelas dan mengandung arti dalam pikiran konsumen diantara ramainya persaingan. 

Strategi Komunikasi Positioning

Positioning merupakan strategi komunikasi yang menjembatani produk/merek dengan calon konsumen. Komunikasi ini berhubungan dengan atribut-atribut yang secara fisik melekat pada produk, diantaranya adalah warna, desain, tulisan, kemasan, maupun nama brand. 

Selain itu komunikasi ini juga meliputi citra (image) yang hendak ditanamkan melalui model iklan (endorser) pemilihan media, berbagai bentuk sponsorship hingga ke sekelompok armada penjualan (Aaker) 



2 Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan Brand Positioning"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel