Perkembangan Awal E-Commerce

Landasan Perkembangan E-Commerce

Perkembangan Teknologi Informasi telah berhasil menciptakan infrastruktur informasi baru. Internet memiliki beberapa daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, misalnya dalam hal kenyamanan, kecepatan data, akses 24 jam sehari, efisiensi, alternatif ruang dan pilihan yang tanpa batas, personalisasi, sumber informasi dan teknologi yang potensial dan lain lainnya.  Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa “Digital Marketing”.
Perkembangan Awal E-Commerce

Penerapan E-Commerce 

Pada awal penerapan electronic marketing atau biasa disebut electronic commerce yang bermula di awal tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer (EFT). Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar, lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI (Electronic Data Interchange).  Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya.  Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan.  Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi. 


Perkembangan Pesat E-Commerce

Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal eCommerce.  Research center e-Commerce di Texas University menganalisa 2.000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar.  Di tahun 2006 pendapatan di Internet telah mencapai angka triliunan dollar, benar-benar angka yang menakjubkan.  Salah satu alasan pesatnya perkembangan bisnis online adalah adanya perkembangan jaringan protokol dan software, serta tentu saja yang paling mendasar adalah meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis. 

Konsep Awal E-Commerce

Electronic commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet. Sebagian orang mengartikan istilah commerce (perdagangan) sebagai transaksi yang dilakukan antar perusahaan yang berekanan/berpartner. Inilah yang membuat istilah e-Commerce menjadi terkesan sempit bagi sebagian orang tertentu. 

Istilah E-business

Kemudian muncullah istilah e-business, yang didefinisikan mengacu pada ecommerce yang lebih luas, yang tidak hanya sekedar proses menjual dan membeli tapi juga berarti melayani pelanggan, berkolaborasi dengan partner bisnis dan dalam lingkungan suatu organisasi.  Sebagai contoh, pada proses membeli buku di amazone.com, merupakan e-commerce sederhana, sebab saat pesanan ini dilakukan via online, buku tersebut dikirim pada pemesan dengan melalui perusahaan pengiriman barang seperti FedEx,  akan tetapi membeli software di Grisoft merupakan e-commerce otomatisasi, karena pengiriman, pembayaran, dan perantara perdagangan semuanya dilakukan dalam sistem digital. 

Infrastruktur Dasar E-commerce

Aktivitas bisnis selalu membutuhkan tempat, maka aplikasi e-commerce dibangun dengan infrastruktur teknologi yang ada seperti Web Server, Hosting, Domain Name, koneksi internet, Web Progamming, Database MySQL, dan lain-lainnya.  Banyak orang diantara kita memandang e-commerce itu hanya sekedar situs Web belaka, padahal yang sesungguhnya lebih luas dari itu.  Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari ecommerce:terjadi transaksi antara  kedua belah pihak, adanya pertukaran barang, jasa atau informasi, dan internet  merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Awal E-Commerce"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel