Proses yang terdapat dalam e-commerce
Jumat, 31 Mei 2019
Tambah Komentar
Proses yang terdapat dalam e-commerce (pemasaran digital) adalah sebagai
berikut :
Dengan menggunakan transaksi melalui e-commerce diharapkan suatu perusahaan mendapat keuntungan sebagai berikut:
Untuk mewujudkan e-commerce pada perusahaan yang ingin sekali memangkas biaya-biaya operasional dari kegiatan marketing hendaklah menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
berikut :
- Presentasi elektronik (pembuatan website atau juga aplikasi berbasis mobile phone, seperti iOS maupun Android maupun platform lainnya) untuk produk-produk dan layanan .
- Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
- Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
- Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan keamanan melakukan transaksi.
Proses yang terdapat dalam e-commerce |
Dengan menggunakan transaksi melalui e-commerce diharapkan suatu perusahaan mendapat keuntungan sebagai berikut:
- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
- Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti : (biaya pos surat, pencetakan, report, dll)
- Mengurangi keterlambatan karena dengan mengunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicheck.
- Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Untuk mewujudkan e-commerce pada perusahaan yang ingin sekali memangkas biaya-biaya operasional dari kegiatan marketing hendaklah menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
- Pengadaan internet website
- Penempatan Link ke Web Server yang kita punyai atau iklan di situs yang menurut IDC (International Data Corporation) yang mempunyai hits/kunjungan terbanyak
- Web Hosting (peletakkan web server berdasarkan tempat pelanggan terbanyak, dimana hal ini untuk mempercepat akses dan transaksi)
- Persetujuan untuk transaksi online dalam hal ini kerjasama dengan pihak Bank yang telah menyediakan layanan transaksi online untuk pembayaran transaksi ecommerce.
- Sistem yang terintegrasi dengan baik (OS, Web Server maupun Application Server, Database Back end dan Front end Application)
- Security:
- Teknologi : Disisi teknologi sudah ada yang namanya SSL/Secure Socket Layer yang menjadi standar keamanan online via Internet
- Human: Untuk masalah yang satu ini kita haruslah merekrut atau mempercayakan kepada orang yang paling bertanggungjawab/yang memiliki kejujuran diatas ratarata. Kebanyakan kejahatan intelektual banyak dilakukan oleh orang dalam atau yang lebih popular disebut dengan White Collar Crime.
E-commerce (pemasaran digital) memiliki beberapa nilai lebih, yaitu:
- Jangkauan lebih luas (dunia). Tanpa batas-batas wilayah dan waktu
- Penghematan sumber daya: ruang untuk toko (fisik) dan SDM.
- Ketersediaan (availability): buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu (tidak mengenal hari libur, dan hari besar); d) Skalabilitas: dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan
- No Tax (belum jelas regulasi mengenai pajak)
- Konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail
- Melalui internet. konsumen dapat memperoleh aneka informasi barang dan jasa dari berbagai toko dalam berbagai variasi merek lengkap dengan spesifikasi harga, cara pembayaran, cara pengiriman
- Disintermediation adalah proses meniadakan calo dan pedagang perantara.
E-commerce juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya:
- Isu security : pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke sistem informasi (hacking), perusakan web site sampai dengan pencurian data
- Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan
- Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
- No cash payment, tetapi beberapa penyelenggara ecommerce menyediakan fasilitas COD (cash on delivery), contohnya: SaleStock,Shopee,dll
- Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan ecommerce.
- Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
Meskipun banyak hambatan, e-commerce tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan dari masyarakat. Masih banyak peluang dalam e-commerce, dan terdapat juga hambatan. Namun hambatan bisa diubah menjadi peluang yang baik jika para pengusaha menjalani usaha online nya dengan baik dan profesional. Siap atau tidak itu tergantung dari orientasi perusahaan untuk mengadopsi kemajuan teknologi dan merekrut karyawan yang mempunyai loyalitas dan kemampuan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi.
Belum ada Komentar untuk "Proses yang terdapat dalam e-commerce "
Posting Komentar