Konsep Customer Retention Marketing Di Indonesia

Customer Retention Marketing  (CRM) Konsep

Istilah customer retention marketing mulai dikenal pada era tahun 1990-an dan merupakan sebuah konsep yang relatif baru dan terus berkembang.
Konsep Customer Retention Marketing Di Indonesia

William G. Zikmund, mengartikan secara sederhana customer retention marketing adalah dimana perusahaan berusaha memuaskan pelanggan dengan menawarkan berbagai macam keuntungan untuk membuat pelanggan datang kembali dan melakukan pembelian berulang dengan perusahaan yang sama. Jimnovo dalam situsnya, mengartikan customer retention marketing sebagai sebuah taktik yang mendekati dasar pada tingkah laku atau perilaku konsumen.
Inti dari kegiatan Customer Retention Marketing dilatarbelakangi oleh beberapa dasar pemikiran, yaitu:

One-to-One Marketing

One-to-One marketing merupakan komunikasi pemasaran yang dijalankan satu arah.Para pelaku komunikasi atau pemasar melakukan pendekatan dan menyampaikan pesan secara personal kepada tiap-tiap individu konsumen atau pelanggan.

Relationship Marketing

Relationship Marketing dapat didefinisikan sebagai: “Pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan”.

Database Marketing

Database marketing pada dasarnya merupakan suatu perluasan dari kegiatan direct-mail.Secara sederhana database marketing mencakup pengumpulan semua kontak perusahaan dan menyusunnya menjadi suatu database yang berisikan informasi yang diperlukan mengenai setiap pelanggan atau calon pelanggan.

Loyalty Marketing

Kunci mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan. Jika perusahaan dapat memberikan layanan yang melebihi harapan pelanggan, maka pelanggan akan merasa puas. Dan pelanggan yang puas pasti akan mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi. Disinilah timbulnya Loyalty Marketing.

Belum ada Komentar untuk "Konsep Customer Retention Marketing Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel