Pentingnya customer Knowledge dalam strategy perusahaan

Pengertian Customer Knowledge

customer knowledge adalah sebuah kordinasi sitematis dalam sebuah organisasi  yang mengatur sumber daya manusia,teknologi,prosesdan struktur organisasi dalam rangka meningkatkan value melalui penggunaan ulang dan inivasi kordinasi.
 
Pentingnya customer Knowledge dalam strategy perusahaan

Keuntungan Customer Knowledge dalam strategy perusahaan

Customer Knowledge Management akan memberikan keuntungan Customer Success, Innovation, dan Organization Learning. Jadi dapat dikatakan bahwa Customer Knowledge Management bukan untuk mengetahui apa yang diketahui oleh konsumen namun dapat menjadi lebih pembelajaran bagi perusahaan dalam menyalurkan pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen dan memanfaatkannya untuk menciptakan sebuah nilai yang lebih di mata konsumen.
Salah satu inti terpenting dari sebuah Customer Knowledge Management adalah Customer Knowledge yaitu pengubahan Tacit Knowledge menjadi Explicit Knowledge, dan ini berarti bahwa sebuah pengetahuan yang sebelumnya hanya terpendam dalam benak dan pikiran masing-masing individu harus dapat diubah dalam bentuk tertulis atau explicit agar pengetahuan yang sebelumnya hanya milik seorang individu dapat disharingkan pada orang lain atau dalam scope yang lebih luas, dimiliki oleh organisasi tempat dia bernaung, sehingga knowledge atau pengetahuan tersebut dapat lebih berguna bagi orang banyak dan organisasinya. Ada banyak manfaat dari penerapan knowledge management dalam sebuah perusahaan atau organisasi, setidaknya ada tiga manfaat yang dapat diperoleh perusahaan, yaitu Standardized Activity Process, System-based Organizational Structure, Easier&Faster Business-Activity Development.
Manfaat pertama dari pengaplikasian Knowledge Management adalah Standardized Activity Process. Dari contoh kejadian diatas, terlihat bahwa minimnya explicit knowledge pada lini aktivitas perusahaan menyebabkan perusahaan berjalan ala kadarnya, tanpa sebuah standar operasional yang jelas dan terkesan sak karep-karep e seng nggarap, atau tergantung mood dari si pelaku operasional aktivitas perusahaan. Di jaman persaingan usaha yang kian kompetitif seperti saat ini, bukan lah suatu hal yang bijak ketika perusahaan sudah masuk dalam sebuah iklim persaingan yang ketat, masih mengandalkan tacit knowledge person by person tanpa adanya sebuah standar tertulis yang jelas.
Manfaat berikutnya dari pengaplikasi Knowledge Management adalah System-Based Organizational Structure. Dengan adanya explicit knowledge pada setiap lini aktivitas di perusahaan, terutama pada aktifitas-aktifitas yang dianggap sebagai Core Activity, akan membuat perusahaan tersebut menjadi sebuah organisasi yang berbasiskan system atau System-Based Organizational Structure. Dengan menjadi System-Based Organizational Structure, urat nadi dari aktivitas operasional perusahaan adalah explicit knowledge yang berupa system yang sudah tertulis, tertata dan tersystem.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya customer Knowledge dalam strategy perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel