Karakteristik Internet Marketing
Kamis, 06 Juni 2019
Tambah Komentar
Pengertian dan Karakterisktik Internet Marketing
Internet marketing merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya, serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet. Bentuk pemasaran ini pada dasarnya merupakan situs publik yang sangat besar di jaringan komputer dengan berbagai tipe yang berbeda dan berasal dari berbagai negara di seluruh dunia satu sama lainnya ke dalam suatu wadah informasi yang sangat besar (Kotler dan Armstrong, 2008:237). Mulia (2009) mengatakan bahwa internet marketing adalah sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Internet marketing juga merupakan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran. Teknologi-teknologi itu seperti media internet, kabel-kabel, satelit, perangkat keras, perangkat lunak yang diperlukan untuk keperluan internet marketing tersebut (Chaffey et al, 2000).Karakteristik Internet Marketing |
Pemasaran internet (internet marketing) adalah proses membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui aktifitas secara online untuk memfasilitasi pertukaran ide-ide, produk dan layanan yang dapat memuaskan tujuan dari kedua belah pihak (Mohammed, Fisher, Jaworski dan Paddison, 2003:4-5).
Lima Komponen dalam internet marketing
Menurut Mohammed, Fisher, Jaworski dan Paddison (2003) terdapat lima komponen dalam internet marketing, yaitu:- Proses Seperti halnya program pemasaran tradisional, program pemasaran melalui internet melibatkan sebuah proses. Tujuh tahap dari proses program pemasaran melalui internet adalah (1) membentuk peluang pasar, (2) menyusun strategi pemasaran, (3) merancang pengalaman pelanggan, (4) membangun hubungan antarmuka dengan pelanggan, (5) merancang program pemasaran, (6) meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi dan (7) mengevaluasi hasil program pemasaran secara keseluruhan.
- Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan merupakan tujuan dari pemasaran. Tiga tahapan hubungan dengan pelanggan adalah awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran dapat dikatakan berhasil, apabila mampu untuk mengarahkan pelanggan sampai pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran melalui internet adalah menjalin hubungan dengan pelanggan, baik secara online maupun offline.
- Online Sesuai dengan definisinya, Internet Marketing adalah pemasaran yang dilakukan dalam dunia internet, namun tetap terkait dengan program pemasaran secara tradisional.
- Pertukaran Dampak dari program pemasaran online adalah pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia internet saja atau online, akan tetapi juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata.
- Pemenuhan kepuasan kebutuhan kedua belah pihak Dengan adanya internet marketing, pemenuhan kepuasan akan kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi, yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan internet marketing bisa mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dan lain-lain. Dari segi pelanggan adalah terpenuhinya kebutuhan seperti mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat.
Jenis-Jenis Internet Marketing
Internet marketing secara luas dibagi dalam jenis-jenis sebagai berikut:- Tampilan Iklan
- Iklan ini ditampikan pada situs web pihak ketiga atau blok untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan. Dengan melakukan pemasangan iklan ini secara tidak langsung akan meningkatkan produksi perusahaan.
- Search Engine Marketing
- Bentuk pemasaran ini adalah untuk berusaha mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencari (SERPs) seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. c) Search Engine Optimization (SEO) SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di mesin pencari.
- Social Media Marketing
- Pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan lalu lintas dalam social media website (atau aplikasi berplatform android, IOS maupun platform lainnya), seperti Facebook, Twitter, Instagram atau media sosial lainnya.
- Email Marketing
- Pemasaran melalui email dilakukan degan melibatkan langsung pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik.
- Referral Marketing
- Metode referral ini untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui referensi. Metode ini biasanya dari mulut ke mulut.
- Affiliate Marketing
- Pemasaran ini dilakukan dengan memberikan bagian atau keuntungan ke afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh usaha sendiri.
- Inbound Marketing
- Pemasaran inbound ini dengan melibatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi.
Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Internet Marketing "
Posting Komentar