Cara Merumuskan Internet Marketing

Merumuskan Internet Marketing

Perumusan tujuan internet marketing tidak terlepas dari berbagai manfaat atau keuntungan yang bisa didapat baik oleh konsumen maupun pemasar.  Menurut Kotler dan Armstrong (2008) keuntungan internet marketing untuk konsumen:
Cara Merumuskan Internet Marketing - Illustration by Pexels

  1. Convenient : Konsumen tidak harus terjebak kemacetan, menemukan tempat parkir dan berjalan melalui toko-toko yang tidak terhitung jumlahnya untuk menemukan produk. Konsumen dapat membandingkan merek, mengecek harga dan memesan barang 24 jam sehari dari lokasi manapun, asalkan ada sambungan internet. 
  2. Easy and private : Konsumen menghadapi lebih sedikit perselisihan dalam membeli barang dan tidak perlu untuk menghadapi penjual atau membuka diri mereka terhadap bujukan dan hubungan emosional. 
  3. Information : Layanan online dan internet memberikan konsumen akses terhadap perbandingan informasi yang berlimpah mengenai perusahaan dan produk atau layanan. 
  4. Interactive and immediate : Konsumen dapat berinteraksi dengan situs penjual untuk menemukan informasi yang tepat mengenai produk atau layanan yang mereka inginkan, lalu memesan atau mendownloadnya secara langsung. 

Adapun keuntungan Internet Marketing untuk pemasar :  

  1. Pemasaran via internet merupakan alat yang bagus untuk membangun hubungan dengan konsumen.  Perusahaan dapat berinteraksi dengan konsumen untuk mempelajari tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih spesifik dan untuk membangun basis data konsumen.  Internet marketing dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.  Online marketer dapat menghindari biaya-biaya untuk mempertahankan usahanya dengan pengurangan pada biaya penyewaan lahan, biaya asuransi, biaya perawatan dan lainnya.
  2. Internet marketing juga menawarkan fleksibilitas yang besar, dimana memungkan bagi pemasar untuk membuat penyesuaian terhadap penawaran serta program-program pemasarannya. 
  3. Internet merupakan suatu medium global yang memungkinan pembeli dan penjual untuk mengklik dari satu tempat ke tempat lainnya dalam hitungan detik. 
Internet Marketing merupakan usaha yang kita lakukan untuk memasarkan suatu barang atau jasa melalui media internet.  Ada beberapa macam bisnis internet yang dapat kita lakukan tetapi yang lebih spesifik ada dua pilihan yang dapat kita manfaatkan untuk memulai bisnis internet yaitu menjual produk sendiri dan menjadi affiliate.

Untuk bisnis menjual produk sendiri, produk yang dijual di internet ada dua macam yaitu tangible atau intangible.  Produk tangible merupakan produk seperti elektronik atau furniture, yang pastinya melibatkan pengiriman barang menggunakan pos.  Dan intangible merupakan produk yang dijual berupa e-book, software ataupun mp3 yang sistemnya adalah download.

Dan bisnis selanjutnya yaitu affiliate, dimana kita menawarkan jasa kita untuk menjual produk-produk orang lain.  Jika kita berhasil menjual produk seseorang kita akan mendapatkan komisi.  Dan masalah pembayaran untuk bisnis internet, kita dapat menggunakan internet banking yang memudahkan kita melakukan pembayaran secara cepat dan aman.

Kalau kita ada niat berbisnis di internet banyak sekali kita dapat melihat peluang usaha yang ada sekarang, kita tinggal menentukan apa yang dapat dijadikan bisnis dan bisnis tersebut kita jalankan melaui internet.  Karena dengan semakin banyaknya pengguna internet dari tahun ke tahun, itu merupakan peluang besar untuk meraup keuntungan melalui bisnis menggunakan internet. Kita cukup belajar internet marketing yang akan memudahkan kita dalam berbisnis di internet.

Dengan manfaat internet marketing dalam bisnis membuat seseorang menjadi lebih mengerti seluk-beluk bisnis ataupun peluang usaha yang besar yang dapat kita jalankan melalui media internet. Dengan modal internet marketing kita dapat membuat persiapan untuk berbisnis di internet misalnya bagaimana cara ataupun memilih produk yang akan kita jual, membuat website beserta kontennya, menentukan cara pembayaran serta bagaimana melakukan promosi yang baik dan cepat agar produk kita dapat laku terjual di internet.

Bisnis di internet nampaknya sudah sangat booming.  Seperti yang kita lihat banyak bisnis praktis dan cepat di internet, contohnya:  Belanja Online, Game Online, bahkan Judi Online.  Namun di balik semua itu, dalam berbisnis kita harus bisa memanage atau memiliki trik sendiri agar bisnis yang kita jalankan menarik konsumen.

Dalam modul perkuliahannya, Ardhariksa (2013) menyampaikan ada beberapa karakteristik yang wajib dimiliki pebisnis online, sebagai berikut:

  1. Passion Yang Kuat : Para pelaku bisnis harus bisa mencintai produk atau benda yang akan dijual, karena ini merupakan salah satu nilai tambah bagi untuk lebih mudah dalam menjual produk. Dengan memiliki passion yang kuatm, akan memudahkan bisnis anda. 
  2. Melihat Sudut Pandang Yang Berbeda : Kepercayaan pelanggan adalah hal yang sangat utama,  sehingga dituntut untuk bisa mengerti dan memahami keinginan pelanggan.  Jika sudah mengerti, maka akan sangat mudah untuk ada dapat memenuhi kebutuhan mereka.  Selanjutnya gunakan cara pemasaran yang menarik untuk bisa menggaet pelanggan lebih banyak.
  3. Visioner : Sebuah bisnis yang dijalankan, harus bisa diatur sesuai kendali.  Apabila memiliki planning dalam waktu dekat, maka diharapkan juga memiliki rencana dalam jangka panjang (rencana masa depan).  Dengan adanya perencanaan jangka panjang, maka bisnis tersebut memiliki tujuan yang pasti, sehingga sistem bisnis akan lebih lancar dan terkontrol. 
  4. Fokus : Jenis usaha online bermacam macam, dan pastinya akan membuat anda tergiur untuk mencoba bisnis baru.  Tidak ada yang salah dengan mencoba bisnis baru, akan tetapi harus bisa menentukan atau memilih usaha yang cocok dengan pilihan.  Karena dengan demikian lebih memudahkan dalam menjalankannya, tetap fokus dan terarah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merumuskan Internet Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel