Definisi Perilaku Konsumen Dan Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen

DEFINISI PERILAKU KONSUMEN

Illustrasi Perilaku Konsumen

Engel, Blackwell dan Miniard (1993) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini. 

Sedangkan Schiffman dan Kanuk (1994) mengartikan perilaku konsumen sebagai berikut : ”Istilah perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka”



Perilaku konsumen pada hakikatnya untuk memahami “why do consumers do what they do”.  Dari definisi yang telah disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa dan melakukan evaluasi.

Secara sederhana, studi perilaku konsumen meliputi hal-hal sebagai berikut. Apa yang dibeli konsumen? (What they buy?), mengapa konsumen membelinya? (why they buy it?), kapan mereka membelinya? (when they buy it?), di mana mereka membelinya? (where they buy it?), berapa sering membelinya? (how often they buy it?), berapa sering mereka menggunakannya (how often they use it?)

Manfaat mempelajari perilaku konsumen

  1. Analisis Konsumen Haruslah Menjadi Dasar Manajemen Pemasaran.
  2. Perilaku Konsumen harus memainkan pernan yang penting dalam pengembangan kebijakan publik.
  3.  Studi Perilaku Konsumen akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang efektif.
  4. Analisis Konsumen Memberikan Pengetahuan Menyeluruh tentang Perilaku Manusia
  5. Studi perilaku Konsumen juga memberikan tiga jenis informasi :
    1. Orientasi Konsumen
    2. Fakta-fakta tentang perilaku manusia
    3. Teori-Teori yang menjadi pedoman proses pemikiran 



Belum ada Komentar untuk "Definisi Perilaku Konsumen Dan Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel