Model Perilaku Konsumen
Kamis, 12 Desember 2019
Tambah Komentar
MODEL PERILAKU KONSUMEN
Model Perilaku Konsumen |
Proses keputusan konsumen dalam membeli atau mengonsumsi produk dan jasa akan dipengaruhi tiga faktor utama, yaitu :
Pertama: Strategi pemasaran
Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh
produsen dan lembaga lainnya, Strategi pemasaran adalah satu-satunya variable
yang dikendalikan oleh pemasar. Dalam hal ini, pemasar berusaha mempengaruhi
konsumen dengan menggunakan stimuli-stimuli pemasaran seperti iklan dan
sejenisnya agar konsumen bersedia memilih merek produk yang ditawarkan.
Strategi pemasaran yang lazim dikembangkan oleh pemasar yaitu yang berhubungan
dengan produk apa yang akan ditawarkan, penetuan harga jual, strategi
promosinya dan bagaimana distribusinya.
Kedua: Faktor perbedaan individu konsumen
Pilihan untuk
membeli suatu produk dengan merek tertentu dipengaruhi oleh hal-hal yang ada
pada diri konsumen. Kebutuhan, persepsi, sikap, gaya hidup dan karakteristik
kepribadian individu akan mempengaruhi pilihan individu terhadap berbagai
alternatif merek yang tersedia.
Ketiga: Faktor lingkungan konsumen
Pilihan konsumen terhadap merek dipengaruhi oleh
lingkungan yang mengitarinya. Seperti Keluarga, kelompok rujukan dan lainnya. Proses keputusan
konsumen akan terdiri dari tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi,
evaluasi alternatif, pembelian dan kepuasan konsumen. Pemahaman terhadap
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen akan memberikan pengetahuan
kepada pemasar bagaimana menyusun strategi dan komunikasi pemasaran yang tepat.
Belum ada Komentar untuk "Model Perilaku Konsumen"
Posting Komentar