CIRI PENDEKATAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI

Seperti telah dijelaskan bahwa ilmu psikologi memusatkan pemerhatiannya pada perilaku manusia dan menganalisis juga menyimpulkan proses kesadaran yang menyebabkan terjadinya perilaku yang terjadi. Terdapat 4 (empat) ciri pendekatan psikologi dalam komunikasi sebagai berikut:

  1. Penerimaan stimuli secara indrawi Stimuli di sini bisa berupa orang, pesan, suara, warna dan segala hal yang dapat memengaruhi manusia yang dapat ditangkap oleh indera
  2. Proses yang mengantarai stimuli dan respon Stimuli yang diterima diolah dalam tubuh kita melalui ‘perangkat’ yang tidak bisa benar-benar kita ketahui bagaimana keberlangsungan prosesnya. Setelah proses yang panjang, akan muncul respon.
  3. Prediksi respon Respon di sini berkaitan dengan bagaimana hal yang terjadi pada masa lalu dapat meramalkan respon yang akan datang. Kita harus mengetahui sejarah respon sebelum meramalkan respon individu pada masa sekarang.
  4. Peneguhan respon Peneguhan respon di sini adalah respon lingkungan atau individu lain terhadap individu yang asli, respon ini dapat disebut sebagai umpan balik.
Pendekatan Psikologi Komunikasi


Bagaimana penggunaan psikologi komunikasi dalam menganalisis peristiwaperistiwa yang terjadi dalam interaksi manusia yang berhubungan dengan aksi dan reaksi? Berikut ini beberapa pendekatan yang digunakan oleh para sarjana psikologi:

  1. Menyingkirkan semua sikap memihak dan semua usaha menilai secara normatif (mana yang benar dan mana yang salah) kemudian mencari prinsip-prinsip umum yang menjelaskan pendekatan tersebut.
  2. Merumuskan prinsip-prinsip umum dengan tidak menguraikan suatu peristiwa sebagai satuan-satuan kecil untuk dianalisis.
  3. Psikologi komunikasi berusaha memahami peristiwa komunikasi dengan menganalisis keadaan internal atau suasana batiniah setiap individu. Psikologi mencoba mencari apa yang mendasari apa yang terjadi pada interaksi komunikasi manusia.
Psikologi komunikasi adalah ilmu yang menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa mental dan perilaku yang terlibat dalam interaksi komunikasi manusia. George A. Miller menjelaskan dua peristiwa berikut sebagai bagian dari interaksi komunikasi:

  1. Peristiwa mental yang merupakan proses yang mengantarai stimuli dan respon akibat berlangsungnya komunikasi; seperti juga ciri yang telah dikemukakan sebelumnya 
  2.  Peristiwa perilaku yang merupakan hal yang tampak pada saat seseorang berkomunikasi.
Belum ada kesepakatan yang jelas mengenai cakupan psikologi komunikasi ini. Banyak sarjana yang memusatkan pemerhatian pada perilaku yang tampak saja, sementara masih ada sarjana lainnya yang mengabaikan peristiwa mental padahal bagian itu sangat penting. Tapi dapat kita ketahui bahwa komunikasi adalah bagian dari psikologi sosial karena komunikasi merupakan peristiwa sosial yang melibatkan hal-hal sebagai berikut ini:

  1. Proses belajar atau penerimaan pesan pada aspek kognitif dan afektif
  2. Proses penyampaian dan penerimaan lambang-lambang dalam proses komunikasi
  3. Mekanisme penyesuaian diri seperti sosialisasi, identifikasi, permainan peran, proyeksi dan lain sebagainya.


Belum ada Komentar untuk "CIRI PENDEKATAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel